Kamis, 02 Agustus 2012

Evolusi Logo 7 Raksasa Penguasa Teknologi

1. Microsoft




Microsoft pertama kali didirikan oleh dua sekawan Paul Allen dan Bill Gates pada tahun 1975. Pada awalnya, keduanya membuat nama logo Microsoft secara terpisah, yakni Micro dan soft.

Di tahun 1982, Microsoft merubah logonya. Kali ini penggunaan kedua huruf yang awalnya dipisah telah digabung. Namun yang menarik, penggunaan huruf yang tidak biasa yang disebut sebagai Blibbet.

Logo tersebut kembali berubah pada tahun 1987. Desain ini memiliki julukan 'Logo Pac-man' karena di salah satu huruf 'O' terdapat potongan yang mirip dengan mulut Pac-man. Logo ini dibuat oleh Scott baker dan bertahan hingga kini.


2. Apple




Perusahaan ini pertama kali dirintis dari sebuah garasi rumah. Steve Wozniak dan Steve Jobs (dua Steve) bekerja sama membuat desain komputer PC untuk kebutuhan rumah, tepat satu tahun setelah Bill Gates dan Paul Allen mendirikan Microsoft.

Adapun logo pertama Apple dibuat dengan struktur gambar yang cukup kompleks dimana logo tersebut memuat gambar ilmuwan Isaac Newton yang sedang duduk di bawah pohon apel. Logo tersebut dibuat oleh Ronald Wayne. Namun hanya dalam beberapa bulan, Jobs mengubah logo tersebut karena dianggap kurang menarik sehingga penjualan menurun. Alhasil, ia pun memerintahkan Rob Janoff mendesain logo yang baru. Janof pun merubah logo Apple menjadi gambar Apple bergaris warna warni yang telah digigit sebagian.

Menurut rumor, gigitan di logo apel tersebut terinspirasi dari Alan Turing, penemu sistem komputasi modern yang meninggal bunuh diri akibat memakan apel beracun.

Di tahun 1998, Apple kembali mengganti logonya saat Jobs kembali dari sakit. Kali ini logo dibuat lebih modern.


3. Canon




Perusahaan teknologi yang sangat identik dengan kamera dan mesin printer ini terbilang menjadi perusahaan yang sangat tua. Canon pertama kali dirintis pada tahun 1930 oleh Goro Yoshida dan saudara iparnya Saburo Uchida.

Empat tahun kemudian mereka berhasil menciptakan sebuah kamera yang disebut dengan Kwanon. Nama Kwanon diambil dari nama dewi buddha, dewi Kwan-im. Logo pertama dibuat menggambarkan dewi Kwan-im dengan 1.000 tangan dengan dikelilingi lingkaran api.

Seiring perkembangan zaman, perusahaan Canon mulai membesar dan merajai pasar kamera. Akibatnya logo mereka pun mulai dirubah. Akhirnya mereka pun mendaftarkana nama Kwanon menjadi Canon karena pengejaannya yang hampir serupa serta pengertian Canon itu sendiri yang menitik beratkan kepada ketepatan, alias presisi.


4. IBM




Tahun 1924, International Business Machines (iBM) terbentuk hasil merger dari perusahaan The International Time Recording Company dan Computing Scale Company. Sebelumnya, nama mereka adalah Computing-Tabulating-Recording Company. IBM mengadopsi logo pertamanya yang cukup modern.

Tahun 1947, IBM mengubah logo untuk pertama kali dalam dua dekade. Menjadi lebih simpel dengan huruf besar. Kemudian pada tahun 1956, di bawah kepemimpinan Paul Rand, IBM kembali berganti logo. Kali ini dengan warna berubah hitam legam. Pada tahun 1972, terjadi lagi perubahan logo yang cukup signifikan. Bentuknya seperti yang kita kenal sekarang, yang diklaim menggambarkan kecepatan dan dinamisme.


5. Google




Google memulai hidupnya saat dua jebolan sarjana ilmu komputer Universitas Stanford Larry Page dan Sergey Brin membangun sebuah mesin pencari internet di tahun 1996. Sebelumnya mesin tersebut dinamakan 'BackRub' yang diambil dari kemampuannya menganalisa pencarian web tertentu.

Awal berdiri, nama perusahaannya adalah Googol. Tahun 1998, mereka mengubahnya menjadi Google Inc. Logo pertamanya diciptakan oleh Sergey Brin dengan bantuan aplikasi pengolah gambar. Di sini Brin menambahkan tanda seru yang menyerupai logo Yahoo!.

Tahun 1999, logo tersebut kembali dirubah dengan bantuan seorang profesor konsultan seni dari almamater yang sama, Ruth Kedar. Logo tersebut bertahan hingga kini.

6. Nokia





Walau kini mulai melesu, namun siapapun pasti mengenal sepak terjang Nokia di dunia ponsel. Nokia pertama kali didirikan tahun 1865 di Tampere, sebelah barat daya Finlandia. Perusahaan ini didirikan oleh Knut Fredrik Idestam dan begerak dibidang pengolahan kayu.

Perusahaan Nokia yang kita kenal saat ini merupakan merger antara tiga perusahaan, yakni Nokia Wood Mill milik Idestam, Finish Rubber Works dan Finnish Cable Works.

Sebelum memfokuskan diri pada pangsa pasar ponsel, perusahaan ini memproduksi berbagai macam produk, seperti kerta, sepeda, ban mobil, televisi dan generator listrik.

Oh iya, sebagai catatan, Nokia dalam bahasa Finlandia memiliki arti binatang berwarna hitam yang marah yang disebut dengan Pine Marten weasel.


7. Samsung





Samsung didirikan pada tahun 1938 sebagai perusahaan dagang kecil-kecilan, yang memproduksi makanan seperti mie dan seafood. Samsung sendiri berarti 3 bintang, yang tampak jelas dalam logo pertamanya yang berbahasa Korea.

Logo berbahasa Inggris Samsung akhirnya muncul pada tahun 1969 ketika Samsung Electronics didirikan sebagai bagian dari Samsung Group. Kala itu, mereka masih memproduksi televisi dan radio kecil kecilan.

Pada tahun 1980, logo Samsung berganti lagi. Yang paling kelihatan berubah adalah logo tiga bintang di samping kanan huruf.

Versi baru logo Samsung kembali diperkenalkan pada tahun 1993 oleh chairman Lee Kun Hee yang masih dipakai sampai sekarang ketika perusahaan itu berjaya.

0 komentar:

Posting Komentar